Kegiatan Pembagian Baju dalam bagian Persiapan Pembukaan Pameran “RARE RUPA” The Next Generation Batuan.

Pada hari minggu yang cerah 7 agustus 2022 tim Indo Art House melakukan kunjungan ke desa Batuan dalam rangkaian sponsorship persiapan acara pameran. Kali ini kami menyelenggarakan kegiatan pembagian baju dalam rangka persiapan acara pembukaan pameran anak-anak dalam tajuk “RARE RUPA” The Next Generation Batuan. Acara pembagian baju ini berlokasi di wantilan desa Pekandilan batuan.

Seperti biasanya setiap hari Minggu anak-anak desa Batuan ini melakukan kegiatan melukis bersama kurang lebih 50 orang anak. Pada hari yang cerah kami dan tim membawa kurang lebih 65 baju kaos berwarna hitam yang merupakan hasil desain kolaborasi yang melibatkan 9 anak-anak terpilih dengan membuat desain kolaborasi menjadi sebuah desain baju. Sembilan anak – anak grup Baturulangun yang membuat desain ini adalah:

1. ni luh ade genis
2. luh pratiwi
3. ni komang suniari
4. i made mega dwijanata
5. i putu lingga adi wahyu
6. i kadek heriawan
7. i made Dio kusuma wijaya
8. i made dwi fandika
9. I made devpa widana

Proses pembuatan desain ini sudah dilakukan sekitar 1 bulan yang lalu, dimana konsep yang dipilih adalah mengangkat karakter manifestasi dari Dewata Nawa Sanga. 9 gambar binatang merupakan representasi dari simbolis dewata yang dikemas dalam bentuk yang lebih modern dengan teknik pewarnaan dan goresan batuan, dan imajinasi anak – anak yang khas. Secara keseluruhan desain ini menampilkan keceriaan namun juga sarat makna filosofis dan budaya dibaliknya.

Kegiatan ini ini berlangsung sejak pagi hari di mana anak-anak sangat terlihat antusias dan ceria ketika kami datang dan membagikan baju yang sudah lama mereka tunggu. Satu persatu kami memanggil nama anak-anak sesuai dengan ukuran baju masing-masing. Hal ini adalah bagian dari persiapan acara pembukaan pameran di mana Kami sudah menyiapkan berbagai atribut yang mendukung branding acara dan media promosi lainnya. Pada kesempatan itu diadakan juga kegiatan berdiskusi dan ramah tamah dengan orang tua anak-anak yang terlibat pada pameran.

Proses ini merupakan bagian dari program Indo art house yang selalu ingin mendorong kegiatan pelestarian tradisi ataupun kreativitas dengan memberdayakan dan mengembangkan bakat dan talenta yang dimiliki oleh anak-anak khususnya di desa Batuan, dengan semangat kolaborasi dan melibatkan seniman muda untuk menjadi bagian penting dalam persiapan pameran tersebut.

Sampai berjumpa di akhir pekan pada acara pembukaan pameran yang berlangsung pada tanggal 14 Agustus hingga akhir bulan Agustus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.